ANALISIS PROSES BISNIS DI SWALAYAN PAMELA

  1. Analisis Swalayan Pamela

         Swalayan pamela adalah salah satu swalayan yang ada di Yogyakarta. Swalayan     pamela memiliki beberapa cabang salah satunya adalah pamela satu yang terletak di kusuma Negara. Swalayan pamela sangat di mata masyarakat karena memiliki pelayanan yang baik kepada konsumen. selain itu barang yang ada di swalayan tersebut sangat lengkap dan harganya tergolong ekonimis di banding dengan swalayan yang lain.

2. Kondisi pamela saat ini

Kondisi pamela saat ini sudah sangat baik, karena memiliki tempat yang strategis sehigga para konsumen mudah untuk menjaungkaunya.

3. Proses Bisnis

Proses bisnis merupakan prosedur kerja perusahaan atau swalayan menangani permintaan bisnis. Suatu proses bisnis adalah “satu rangkaian aktivitas yang diharapkan untuk memenuhi tujuan strategis dari suatu organisasi.”

  • Operating Events adalah suatu aktivitas operasi yang dilaksanakan di dalam proses bisnis untuk menyediakan barang dan jasa untuk konsumen.
  • Information Events termasuk tiga aktivitas : merekam data tentang kejadian operasi, pemeliharaan data referensi yang penting untuk organisasi, dan melaporkan informasi yang dibutuhkan untuk manajemen dan pengambil keputusan yang lain.
  • Decision/Management Events adalah aktivitas dimana manajemen dan orang lain membuat keputusan tentang perencanaan, pengawasan dan evaluasi proses bisnis.

Adapun proses bisnis yang ada di swalayan pamela antara lain:

  1. Proses penjualan.

Sistem ini menyediakan informasi untuk membantu pihak swalayan pamela dalam merencanakan dan memonitor kegiatan penjualan pada swalayan. Sistem ini juga menghasilkan laporan analisa penjualan yang digunakan untuk menganalisa penjualan berdasarkan produk, produksi, pelanggan, tipe pelanggan, tenaga pemasaran, dan daerah pemasaran. Proses bisnis penjualan adalah proses yang berhubungan dengan pemasukan. Pada swalayan Pamela proses penjualan yang terjadi dengan konsumen.

2. Proses pembelian

Pada proses bisnis pembelian suatu swalayan harus menentukan barang apa saja yang harus disediakan atau yang dibutuhkan oleh konsumen. Karena swalayan pamela tidak memproduksi semua barang yang di jual maka swalayan pemela bekerja sama dengan banyak supplier untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

3. Proses pengelolaan parkir

Untuk membuat swalayan pamela terlihat rapi maka di perlukan pengelolaan parkir.

4. Proses pendataan barang

Bagian pendataan barang harus melakukan pendataan barang setiap minggu dan setiap bulannya.barang apa saja yang laku terjual dan barang apa saja yang kurang diminati oleh konsumen.

5. Proses pendataan suplier

Untuk mengetahui jumlah karyawan yang bekerja di swalayan pamela, mereka mereka melakukan pendataan karyawan. Mulai dari karyawan yang tetap maupun karyawan yang magang.

6. Proses penggajian karyawan

Proses penggajian karyawan di lakukan untuk setiap bulannya.

Pengelolaan bisnis proses yang baik akan memberikan keuntungan-keuntungan pada organisasi perusahaan atau swalayan  yang banyak, yaitu :

  1. Organisasi dapat lebih memfokuskan diri pada kebutuhan customer.
  2. Organisasi mampu mengendalikan dan memprediksi setiap perubahan yang terjadi di lingkungan dalam ataupun luar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s