Rancangan CRM di UAD

CRM adalah istilah dalam industri teknologi dan informasi (TI) untuk metodologi, perangkat lunak (software), dan juga dalam kemampuan internet dalam upaya membantu perusahaan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan secara terorganisasi. Dengan CRM perusahaan dapat kebutuhan dan perilaku pelanggannya dengan lebih baik. CRM juga memperkenalkan proses dan prosedur yang dapat dipercaya guna berinteraksi serta membangun hubungan yang kuat antara perusahaan dengan pelanggannya. CRM didefinisikan sebagai aplikasi perangkat lunak yang dipergunakan untuk membantu perusahaan dalam mengelola data pelanggannya, dimana di dalam CRM terdapat proses mendapatkan, menyimpan serta menganalisis informasi pelanggan, sehingga CRM dianggap sebagai alat dalam menjaga dan mendapatkan pelanggan. Sumber lain menyebutkan bahwa CRM didefinisikan sebagai suatu strategi bisnis yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan layanan terhadap pelanggan dan juga mandapatkan keuntungan.

 Dengan meningkatkan kepuasan pelanggan, melalui cara membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, perusahaan dapat memperoleh pelanggan baru dan juga menjadi lebih kompetitif dalam pasar. Sebagai sistem terintegrasi, CRM berfungsi sebagai sistem informasi yang dapat dipergunakan untuk melakukan perencanaan (plan), penjadwalan (schedule) dan pengawasan (control) dari kegiatan sebelum penjualan (presales) dan kegiatan setelah penjualan (post sales) dalam organisasi. Dalam konsep pelaksanaan yang sederhana, CRM adalah suatu bentuk kegiatan mendengarkan apa yang dikatakan oleh pelanggan serta bertindak sesuai dengan yang mereka (pelanggan) inginkan, guna membentuk hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan. Bagi pelanggan hal ini dapat diartikan sebagai pemahaman kondisi bagaimana cara perusahaan melakukan bisnis serta tingkat kualitas produk yang telah diterima oleh pelanggannya dengan harga yang kompetitif. Dan tantangannya bagi perusahaan adalah bagaimana mewujudkan apa yang diinginkan oleh pelanggan, tentunya dengan memahami apa yang mereka (pelanggan) inginkan,

atau bahkan dapat mengantisipasi apa yang diinginkan oleh pelanggannya

Saat sekarang ini dunia pendidikan mengalami berbagai macam saingan. Belum lagi karena semakin merosotnya mutu pendidikan dan banyaknya perguruan tinggi yang gulung tikar akibat tidak adanya mahasiswa. Memang semakin lama dirasa semakin susah untuk mencari mahasiswa karena tingkat persaingan yang semakin ketat dan masyarakat juga mulai pandai dalam memilih sekolah diantara banyak pilihan yang ada. Kesadaran akan arti pentingnya dalam mencari mahasiswa agar perguruan tinggi dapat bertahan menjadikan dasar yang sangat kuat untuk memperkuat layanan yang ada.

Semakin pentingnya layanan, sekarang ini banyak perguruan tinggi yang sudah mengadopsi IT untuk meningkatkan layanannya, dari mulai pencarian mahasiswa sampai proses belajar mengajar. Metode CRM (Customer Relationship Management) untuk mencari mahasiswa dan memberikan layanan kepada stake holder menjadi semakin penting.begitu pula dengan universitas Ahmad Dahlan, telah menerapkan metode CRM(customer Relationship Management).

Aplikasi CRM di Univesitas Ahmad Dahlan, Mahasiswa merupakan aset bagi setiap Universitas. Oleh karena itu Universitas berusaha untuk mempertahankan loyalitas mahasiswanya, karena efek yang dapat ditimbulkan dari loyalitas mahasiswa adalah pemasukan yang berulang, kesediaan mahasiswa untuk merekomendasikan universitasnya kepada kepada orang lain. Keuntungan tersebut mendorong  Univesitas Ahmad Dahlan untuk merancang dan membangun strategi bisnis yang dapat mengikat mahasiswa tetap loyal menggunakan produk/jasa yang ditawarkan Univesitas Ahmad Dahlan. Untuk mempertahankan loyalitas tersebut Universitas Ahmad Dahlan harus mengenal dan memahami mahasiswanya. CRM (Customer Relationship Management) yang merupakan salah satu strategi perusahaan untuk mempertahankan pelanggan bisa dijadikan acuan bagi universitas  untuk mempertahannkan loyalitas mahasiswanya, dengan strategi ini Univesitas Ahmad Dahlan dapat lebih jauh mengenai kebutuhan dan tingkah laku mahasiswa sehingga dapat mengetahui kebutuhan mahasiswa dan membentuk hubungan yang kuat dengan mahasiswa. Dengan mengenal mahasiswanya, Universitas dapat memberikan pelayanan yang berbeda terhadap segment-segment sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Dalam penerapan CRM dibutuhkan aplikasi database mahasiswa yang dapat mengetahui profil mahasiswanya secara lebih mendetail, kebutuhan mahasiswa, pola interaksi dan transaksi dengan perusahaan. mahasiswa merupakan suatu alat yang dapat membantu menyimpan dan menampilkan data-data mahasiswa yang pernah menempu ilmu di Univesitas Ahmad Dahlan, prestasi apa saja yang pernah mereka raih ketika masih menyandang almamater Univesitas Ahmad Dahlan. Data-data yang diperlukan antara lain : data profil prodi, data dosen, data mahasiswa yang masih aktif dan data lulusan. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk memberikan informasi mengenai pertambahan jumlah mahasiswa, pertambahan transaksi dan harapan mahasiswa terhadap kemajuan prodi. Dari hasil pengolahan data-data tersebut, prodi melalui manajemen dapat mengambil kebijakan sesuai informasi yang ditampilkan. Perangkat yang diperlukan dalam merancang aplikasi ini adalah: PHP sebagai bahasa scripting, Apache Web Server, dan MySQL sebagai pengolah database. Dan untuk menampilkan data dari database digunakan web browser.

Aplikasi ini dapat dijadikan alat bantu untuk Univesitas Ahmad Dahlan dalam memberikan informasi Analitical. CRM ini dapat mengetahui secara lebih mendetail mengenai profile dan segmentasi mahasiswa, kebutuhan mahasiswa, pola interaksi dan transaksi, serta lulusan sebagai acuan dalam menentukan strategi CRM pada Universita Ahmad Dahlan, pembentukan kurikulum untuk pembentukan mahasiswa yang lebih loyal. Karena tanpa adanya mahasiswa di dalamnya apalah arti sebuah universitas.

Untuk menarik mahasiswa untuk masuk Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Ahmad Dahlan harus lebih memperbaiki sistem dan fasilitas yang sudah ada. Seperti sistem pembayaran praktikum dan  Fasilitas perpustakaan yang kurang lengkap , buku yang ada di perpustakaan banyak buku yang sudah lama sehingga saat mahasiswa ingin mencari buku untuk di jadikan referensi mereka tidak mendapatkan buku yang mereka cari .sebaiknya dari pihak kampus harus menambah buku yang baru.selain itu pelayanan simeru dan biskom juga kurang memuaskan dikarenakan di saat mahasiswa tertanya tentang urusan perkuliahan pihak simeru menunjukkan sikap yang kurag ramah.walaupun itu tidak semua pihak simeru yang bertingkah laku seperti itu, tetapi akan lebih baik jika pikah simeru bersika ramah dengan mahasiswa.

Bukan hanya sistem dan fasilitas saja di perbaiki akan tetapi Universitas Ahmad Dahlan harus menciptakan Mahasiswa yang berkualitas dan berprestasi dengan begitu Universitas Ahmad Dahlan bisa menarik para siswa untuk masuk ke Universitas Ahmad Dahlan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s