Rancangan e-bisnis perpus UAD

ERP merupakan suatu sistem yang terintegrasi, sehingga sistem ERP mampu memberikan kepada organisasi penggunanya. suatu model pengolahan transaksi yang terintegrasi dengan aktivitas di unit bisnis lain dalam organisasi.dengan mengeimplementasikan proses bisnis standar perusahaan dan database tunggal yang mencakup keseluruhan aktivitas dan lokasi di dalam perusahaan, ERP mempu menyediakan integrasi di antara aktivitas dan lokasi tersebut. Sebagai hasilnya, ERP sistem dapat mendorong ke arah kemampuan pengambilan keputusan yang lebih baik dengan parameter yang terukur secara kuantitatif, sehingga keputusan yang hasilkan tersebut dapat saling mendukung proses operasional perusahaan atau organisasi

Dalam prakteknya penerapan sistem ERP dirancang berdasarkan proses bisnis yang dianggap best practice yaitu proses bisnis umum yang paling layak ditiru. Misal bagaimana proses umum yang sebenarnya berlaku untuk peminjaman buku,pengembalian  dan sebagainya. Untuk mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari sistem ERP, maka perusahaan yang akan mengimplementasikan ERP harus mengikuti best practice process yang berlaku. Akan tetapi. Permasalahan mulai timbul bagi industry di Indonesia, contoh permasalahan bagaimana merubah proses kerja yang dikehendaki oleh sistem ERP agar sesuai dengan proses kerja perusahaan hal ini terutama dilakukan untuk modul sumber daya manusia, karena banyak perusahaan di Indonesia memiliki peraturan dan kebijakan yang berbeda dibandingkan dengan proses bisnis pada modul SDM yang terdapat pada sistem ERP pada umumnya seperti SAP. Proses penyesuaian ini dikenal sebagai implementasi dan  salah satu factor yang mementukan keberhasilan implementasi sistem ERP di perusahaan adalah proses bisnis yang telah terintegrasi didalam paket ERP merupakan paket bisnis bestpractice yang telah teruji reabilitasnya.

Moledular ERP dapat menangani proses peminjaman, pengembalian, pendaftaran, pengelolaan, pemesanandan perpanjanan. Sehingga sistem ini dapat mengontrol aktivitas bisnis seperti peminjaman, pengembalian, pendaftran, pengelolaan,pemesanan,perpanjangan. ERP juga sering disebut dengan Back Office System  yang mengindikasikan bahwa pelanggan dan public secara umum tidak dilibatkan dalam sistem ini.

Untuk memajukan proses  e bisnis Universitas Ahmad Dahlan diperlukan ERP(Enterprise Resource Planning). Adapun proses yang ada antara lain: pendaftran anggota peminjaman, pengembalian, pengembalian, pengelolaan, perpanjangan dan pemesanan.

1.Pendaftaran Anggota.

Seorang calon anggota yang belum menjadi anggota perpustakaan dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir pendaftaran secara online. Setelah mengisi formulir tersebut, maka data calon anggota dapat dilihat dan diperiksa oleh pustakawan. Calon anggota tersebut harus melakukan pembayaran uang pendaftaran, agar pustakawan dapat memasukkan pendaftaran anggota. Setelah semua proses pendaftaran selesai, maka seseorang tersebut telah menjadi anggota perpustakaan dan menerima nomor keanggotaan.

2. Pengolahan.

Pustakawan harus memasukkan data buku yang dibelinya ke dalam sistem. Proses pengelolan akan dilaksanakan dan pustakawan dapat mencetak label koleksi untuk masing-masing koleksi bahan pustaka. Selain itu, pustakawan juga dapat memasukkan data anggota dan mencetak kartu keanggotaan.

3. Peminjaman.

buku yang telah melalui proses pengolahan, dapat dipinjamkan kepada anggota. Saat seorang anggota meminjam koleksi bahan pustaka, pustakawan harus memasukkan nomor keanggotaan, dan sistem akan menyimpan data peminjaman serta menampilkan form untuk menambahkan data lengkap peminjaman. Pustakawan mengisikan nomor dari buku yang akan dipinjam dan tanggal pengembalian.

4. Pengembalian.

Pustakawan harus mencatat data pengembalian, pada saat anggota mengembalikan buku pinjamannya. Pustakawan mengisikan nomor dari buku yang dikembalikan pada form Pengembalian. Pada form ini terdapat informasi seperti anggota peminjam, buku yang telah dipinjam tapi belum dikembalikan, tanggal pengembalian, denda yang harus dibayar, dan perpanjangan waktu peminjaman.

5. Perpanjangan.

Pustakawan mencatat data buku yang akan diperpanjang, mengisi tanggal perpanjangan, maka tanggal pengembalian akan berubah.

6. Pemesanan.

Apabila seorang anggota akan meminjam buku yang ternyata sudah dipinjam oleh orang lain, maka buku ini dapat dipesan sehingga orang yang meminjam buku tersebut tidak dapat memperpanjang peminjamannya. Setelah melakukan pemesanan, anggota tersebut harus menunggu sampai buku tersebut dikembalikan.

 

 

Modul-Modul yang Terdapat pada Sistem ERP

Secara modular, sistem ERP terbagi atas modul operasi sebagai modul utama, sedangkan modul financial dan akuntansi serta sumber daya manusia sebagai modul pendukung.

1.  Financial

a.  Financial Accounting  ditujukan untuk menyediakan pengukuran berkelanjutan terhadap keuntungan perusahaan, mengukur kinerja keuangan perusahan.

b.  CO-Controlling untuk mendukung kegiatan operasional

c.  Investment Management ditujukan untuk menganalisis kebijakan investasi jangka panjangdan fixed assets dari perusahaan

d.  Enterprise Controlling ditujukan untuk memberikan akses bagi Enterprise Controller.

e.  Treasury ditujukan untuk mengintegrasikan antara cash management dan cash forecasting dengan aktivitas logistic dan transaksi keuangan.

2.  Operasi (Distribution and Manufacturing)

Logistics Execution,  Sales and Distribution, Materials Management, General Logistics, Quality Management, Plant Maintenance, Costumer Service, Production Planning and Control, Project System, Environment Management.

3.  Human Resource

Berfungsi untuk

a.  memudahkan melaksanakan manajemen yang efektif dan tepat waktu terhadap gaji, benefit dan yang berkaitan dengan SDM perusahaan.

b.  Melindungi data personalia dari pihak luar

c.  Mambangun sistem rekruitmen dan pembangunan SDM yang efiisen melalui manajemen karir.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s