hubungan SI dengan TPS,MIS,DSS,ESS,KWS

 antara SI dengan TPS,MIS,DSS,ESS,KWS memiliki hubungan untuk lebih jelas silahkan baca penjelasan di bawah ini:

MIS memberikan informasi/data kepada ESS dan DSS. Jarang terjadi sebaliknya kecuali dalam perkecualian yang khusus. ESS didukung dengan data/informasi dari MIS dan DSS. Antara KWS/OS dan MIS ada interrelasi yang kuat. TPS menunjang DSS dan MIS. Panah dari TPS ke arah MIS dan DSS adalah bahwa pada tataran TPS merupakan pengolahan data awal serta input data atau dikatakan TPS merupakan transaksi dengan sistem tingkat operasional, data yang telah input akan diolah kembali dan dapat didistribusikan ke MIS atau ke DSS. TPS bersifat teknis dan sangat terstruktur merupakan pekerjaan rutin operasional serta mudah untuk dibakukan sedangkan MIS berorientasi sebagai pengendalian manajemen yang merupakan perencaan strategis sehingga tidak ada anak panah atau memberikan informasi ke TPS namun justru menerima dari TPS, sedang DSS bersifat teknis ilmiah merupakan sains operasional reaserch merupakan pendukung (mensupport) ESS sehingga tidak ada anak panah dari DSS ke TPS.

KWS merupakan tingkat pengetahuan dengan spesifikasi desain khusus dengan menggunakan model tertentu. Hal ini terkait dengan pekerjaan yang memerlukan teknologi khusus dengan tujuan memudahkan MIS dalam mengendalikan manajemen sehingga KWS tidak dapat memberikan langsung ke ESS karena akan overlaping dengan MIS demikian juga tidak dapat memberikan ke TPS karena KWS adalah untuk memberikan kemudahan dari TPS yang tidak dapat diolah langsung ke MIS dan KWS akan melakukan rancangan khusus dari TPS untuk diberikan ke MIS/DSS.

ESS menerima data/informasi dari MIS dan DSS, DSS adalah data pendukung yang bersifat semiterstruktur sampai terstruktur. ESS dalam menentukan/menghasilkan keputusan selain menerima data/informasi dari MIS diperlukan juga data pendukung yang disebut DSS artinya informasi DSS tersebut dapat berasal dari intern dari TPS (yang bersifat terstruktur) atau DSS yang semiterstruktur sampai terstruktur dengan cara misalnya melalui kajian statistik dan operasion research. Untuk operasional research DSS dapat mengambil data dari luar yang dapat dipercaya, ilmiah (yang bersifat semistruktur). DSS merupakan pengolahan data yang disesuaikan dengan jangka waktu yang diperlukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s