tugas technopreneurship

PENGRAJIN KAIN PERCA.

Bagi sebagian besar orang kain perca  mungkin dipandang sebelah mata. Tapi jika bisa memanfaatkan peluang dan sentuhan seni yang baik, kerajinan kain perca atau tekhnik sambung kain (pacthwork) ini memiliki pasar yang menjanjikan. Contohnya ibu yanti bersama suaminya pak hendro merintis usaha kain perca 17 tahun yang lalu. Menurut bu yanti, kerajinan kain perca ini memang memiliki pasar yang cukup luas. Meskipun dulu dia berkarya di sebuah gang kecil di Sarijadi.

Bu yanti merintis usaha kerajinan kain perca ini terjadi secara kebetulan. Saat itu dia bertemu dengan seorang penjahit dan mendapatkan kecocokan hingga akhirnya memutuskan untuk membuat kerajinan kain perca.Produk yang dibuat bu yanti dari kain-kain perca tersebut berupa satu set perlengkapan tidur seperti bed cover, selimut, bantal dan lain-lain.akan tetapi ibu yanti mangalami beberapa kendala dalam memproduksi karajinan kain perca,di antaranya:

  • Hambatan yang mungkin terjadi adalah ketersediaan bahan kain perca ini secara kontinyu, karena dalam berbisnis seharusnya bisa menghasilkan produk secara periodik.
  • Hambatan yang kedua adalah tentang warna dan keseragaman, mengingat bahan yang dibuat adalah bahan sisa keseragaman dalam warna dan bentuk kerajinan terkadang susah di capai.
  • Penentuan Harga, Harga sebuah barang dapat dikalkulasi berdasarkan bahan baku dan ongkos – ongkos lain beserta keuntungan yang ingin diraih.

Namun perhitungan harga juga harus mempertimbangkan harga barang sejenis di pasaran. Misalkan ketika menjual lap makan dari kain perca, maka harga jualnnya sebaiknya sedikit lebih murah dibandingkan lap yang terbuat dari kain handuk. Selisih harga bahan baku merupakan senjata utama dalam persaingan merebut pasar.

MODAL USAHA

  • sebuah mesin jahit.
  • beberapa peralatan jahit seperti gunting, jarum dan pola.
  • Selebihnya adalah kain perca berbagai ukuran sesuai dengan apa yang kan kita buat.

Bidang usaha pemanfaatan kain perca paling banyak membutuhkan kreatifitas dibandingkan usaha yang lain. Kreatifitas dibutuhkan untuk merubah barang yang kurang menarik dan tidak berguna menjadi menarik mata memandang dan berfungsi lebih produkti. Semakin tinggi kreasi seorang pengusaha, semakin banyak produk yang bisa dihasilkan dan semakin menarik barang yang bisa dihasilkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s