MEMBANDINGKAN DBMS(BASISDATA MANAGEMENT SISTEM)

DataBase Management System (DBMS) adalah software tool untuk menyimpan, mengakses, dan memperoleh data atau berbagai fakta menjadi suatu informasi yang berguna. Macam-macam DBMS seperti: Oracle, Microsoft Access, DB2, SQL Server, MySQL, Foxpro, Dbase, Ingres, dll. Tetapi yang akan saya bahas hanya Oracle, MySQL, Ms. Access.

1) SQL

Pengertian SQL dari yaitu SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.Mengetahui perintah perintah dasar sql merupakan modal awal untuk pengembangan database

SQL Server menggunakan tipe dari database yang disebut database relasional. Database relasional adalah database yang digunakan sebuah data untuk mengatur atau mengorganisasikan kedalam tabel. Tabel-tabel adalah alat bantu untuk mengatur atau mengelompokan data mengenai subyek yang sama dan mengandung informasi dan kolom dan baris. Tabel-tabel saling berhubungan dengan mesin database ketika dibutuhkan.
SQL Server mendukung beberapa tipe data yang berbeda, termasuk untuk karakter, angga, tanggal (datetime) dan uang (money), SQL Server digunakan untuk menggambarkan model.
adapun vendornya adalah MICROSOFT CORPORATION.

kelebihan.

a)      Ketika kolom tabel harus diganti, hal itu dapat dilakukan tanpa menulis ulang semua kode klien yang terkena dampak sekaligus.

b)     Lebih mudah untuk menerapkan atribut yang diturunkan (lebih mudah daripada menggunakan kolom dihitung).

c)       Anda dapat secara efektif telah alias untuk nama kolom.

 

Kekurangan:

a)      sangat mudah untuk mendapatkan recordset yang tidak diupdate bahkan ketika itu hanya didasarkan pada beberapa bergabung tables

Contoh instruksi SQL

  • Select min_nama_jkelamin,alamat,kota
  • Fron dosen
  • Where jkelamin =pria.

 

2.  MySQL

MySQL merupakan salah satu jenis software DBMS yang bersifat Open Source. Dengan Open Source ini berarti secara otomatis menyertakan kode sumber yang bisa didapat dengan download secara gratis di internet.

MySQL pada awalnya dibuat oleh sebuah perusahaan konsultan bernama TcX yang berlokasi di Swedia, kemudian beralih ke perusahaan MySQL AB. Dari MySQL AB beralih ke Sun Microsystems, yang sejak 27 Januari 2010 telah menjadi perusahaan bagian dari Oracle Corporation berdasarkan perjanjian tanggal 20 April 2009. adapun vendornya adalah THE MYSQL AB COMPANY.

Kelebihan :

  • Merupakan DBMS yang gratis / open source berlisensi GPL (generic public license).
  • Cocok untuk perusahaan dengan skala yang kecil.
  • Tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk bisa menjalankan MWSQL ini bahkan dengan spesifikasi hardware yang minimal sekalipun.
  • Bisa berjalan pada lebih dari satu platform system operasi, misalnya windows, linux, FreeBSD, Solaris, dan masih banyak lagi.
  • cepat dalam menjalankan perintah SQL / Structured Query Language misalnya ketika akan menyeleksi suatu data atau memasukkan suatu data karena MYSQL merupakan turunan dari konsep SQL.Multi user, artinya database dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.

Kekurangan MySQL:

a)      Untuk koneksi ke bahasa pemrograman visual seperti vb, delphi, dan foxpro, mysql kurang support, karena koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut, dan ini yang menyebabkan mysql jarang dipakai dalam program visual.

b)     Data yang ditangani belum begitu besar.

 

Contoh instruksi MySQL:

membuat database baru.

  • Syntax => CREATE DATABASE database;
    Contoh:
    mysql> CREATE DATABASE latihan1;
    Query OK, 1 row affected (0.01 sec)

3. MICROSOFT ACCESS

Microsoft access adalah program aplikasi dari microsoft yang ditujukan untuk kalangan rumahan atau perusahaan kecil menengah.microsoft access menggunakan mesin basis data microsoft jet data base access Engine.microsoft mengeluarkan versi terbaru dari microsoft access yaitu microsoft access 2007.vendor dari microsoft access adalah microsoft corporation.

Kelebihan microsoft access

  • Dilengkapi dengan fitur-fitur yang berhubungan dengan teknologi yang sedang berkembang
  • program microsoft access dapat di hubungkan dengna aplikasi lain.
  • memudahkan kita dlam membuat aplikasu data base.
  • kecepatan untuk memuat apliksi sederhana
  • kemudahan dalam menghubungkan antara tabel umum dengan tabel detailnya karenanya    menggunakan relationship saja.

Kelemahan microsoft access

tidak cocok untuk aplikasi yang kompleks.MS access sebuah pltfrom database yang cepat jika di gunakan multi user.harus menggunakan standard Vbscript,yang kadang –kadang konflik dengan antivirus kita sering timbul pesan error.

Contoh Instruksi Microsoft Access:

CurrentDb.Execute “UPDATE Query1 Set field1=field2”, dbFailOnError

  • Query1 adalah query yang berfungsi menggabungkan tabel-tabel
  • ield1 adalah field yang akan di isikan/update
  • Field2 berisi rumusan gabungan field

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s