wiji hidayati

Just another WordPress.com site

Rancangan Perencanaan Taktis di Perpustakaan UAD

Perencanaan taktis adalah keterlibatan terus-menerus para manajer dan karyawan inti untuk menghasilkan rencana bagi keseluruhan organisasi maupun unit-unit  individual tertentu yang Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa performa organisasional untuk membuahkan hasil jangka pendek konsisten dengan arah strategis organisasi serta memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia seefektif  mungkinPerencanaan.

Dalam perancangan taktis pada perpustakaan UAD memiliki proses bisnis yaitu: bagian pengadaan puskata atau buku menentukan  buku apa saja yang akan di pesan,kemudian kepala perpustakaan mengecek buku databuku yang akan di pesan. Pengadaan pustaka menghubungi supplier dan melakukan negosting harga.setelah harganya sesuai bagian pengadaan pustaka melakukan pembayaran uang di muka sedangkan supplier mengirimkan pustaka yang telah di pesan.kemudian bagian pengadaan pustaka melunasi pembayaran.

dalam proses yang terjadi di perpustakaan mahasiswa mendaftarkan diri sebagai anggota perpustakaan,sedangkan petugas perpustakaan mengecek data anggota apakah ia sudah terdaftar atau belum.jika belum terdaftar maka mahasiswa mengisi formulir sebagai anggota baru dan jika sudah terdaftar  maka mahasiswa bisa meminjam buku.petugas perpustakaan mengecek buku apa saja yang di pinjam oleh para mahasiswa dan menentukan tanggal pengembembalian buku dan jika mahasiswa terlambat mengembalikan buku tersebut maka mahasiswa tersebut akan mendapatkan denda.

Petugas perpustakaan membuat laporan tentang aktivitas dan melaporkan semua data buku-buku yang di pinjam oleh para mahasiswa,data mahasiswa dan di berikan kepada kepala perpustakaan untuk di cek.

Adapun proses bisnis pada perpustakaan UAD antara lain:

  1. Pelaku proses

Pelaku proses dalam proses bisnis perpustakaan UAD ini adalah kepala perpustakaan, petugas perpustakaan, pengadaan buku  dan anggota.

  1. Data inputan

Data inputan yang diperlukan pada proses bisnis Perpustakaan UAD adalah berupa data petugas, data buku, data anggota, dan data suplier.

  1. Proses yang dijalankan

Proses yang dijalankan pada proses bisnis perpustakaan Uad ini adalah:

-          Proses pengadaan buku

-          Proses pendaftaran anggota perpustakaan

-          Transaksi peminjaman

-          Transaksi pengembalian

  1. Informasi yang dihasilkan

Proses belajar bagi mahasiswa menuntut mahasiswa untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya dan mengembangkannya dalam tugas individu,kelompok dan terstruktur ataupun pembuatan makalah, masalah informasi bidang studi. Informasi yang di hasilkan dari proses bisnis perpustakaan UAD informasi tentang data-data buku dan sistem informasi yg otomatis membantu proses bisnis.

  1. Infrastruktur yang digunakan

Infraksturtur adalah salah satu aspek penting dan vital untuk  mempercepat proses pengembangan perpustakaan UAD. Infrastruktur juga memegang peranan penting sebagai salah satu roda penggerak perkembangan perpustakaan.infraktuktur yang digunakan adalah libary dan semua fasilitas yang ada.

Arah pendistribusian proses yang meliputi:

a)      Pelayanan utama kepada mahasiswa

Petugas perpustakaan melayani semua kegiatan yang ada di dalam perpustakaan. haruslah dapat lebih memikat, bersahabat, cepat, dan akurat. Hal ini berarti orientasi pelayanan perpustakaan harus  didasarkan pada kebutuhan pengguna antisipasi perkembangan teknologi informasi dan pelayanan yang ramah. Dengan kata lain, menempatkan pengguna sebagai salah satu faktor penting yang mempengaruhi  kebijakan pada suatu perpustakaan

b)      Manajemen asset

Asset yang harus di miliki adalah buku dan semua fasilitas yang ada di dalam perpustakaan.petugas perpustakan dan mahasiswa harus menjaga buku yang ada dengan baik.

c)       Kekuatan SDM

SDM merupakan unsur yang paling penting. Hal ini karena SDM sangat menentukan arah dan kemajuan perpustakaan UAD. Salah satu jenis SDM yang  ada di Perpustakaan adalah Pustakawan selain tenaga-tenaga lain tentunya.

d)      Kemudahan dalam melakukan pekerjaan

Dengan adanya sistem informasi yang sudah tersedia memudahkan para perpustakaan dalam melakukan kegiatan,seperti saat melayani mahasiswa dalam pemijaman dan penembalian buku.

Dalam perencanaan taknis pada perpustakaan UAD harus ada beberapa yang perlu di lakukan diantaranya menggunakan sumber daya yang ada dengan efektif sehingga tercapai strategi yang inginkan. melakukan kerja sama dengan kepala perpustakaan untuk mencapai kesuksesan pada perpustakaan UAD.petugas perpustakaan harus melakukan mengecekan data buku dan supplier secara rutin dan juga produk mereka. Petugas perpustakan juga harus memperbaiki kinerja mereka.mengevauasi kenerja mereka sehingga kedepannya dapat melakukan tugasnya dengan baik.adapun dalam jangka pendek yang harus di perbaiki dalam perpustakaan UAD adalah mengganti buku yang sudah using.

Perencanaan taknik sangat  penting karena

  • Menerjemahkan pemikiran strategis dan perencanaan jangka panjang menjadi hasil-hasil khusus yang dapat diukur
  •  Menekankan perencanaan tim sehingga anggota peserta ikut merasa memiliki rencana itu dan hasil-hasil yang diproyeksikannya.
  • Merupakan sarana untuk melaksanakan rencana jangka pendek dan memastikan pemahaman dan komitmen terhadap rencana itu
  • Berbeda dengan pemikiran strategis dan perencanaan jangka panjang karena bersifat amat analitis dengan penekanan pada pengambilan keputusan berdasarkan data
  • Lebih terfokus pada intern organisasi di samping lebih spesifik dan lebih rinci dibandingkan pemikiran strategis dan perencanaan jangka panjang . Biasanya mempunyai rentang waktu satu tahun walaupun mendukung arah ke masa depan
  • Dapat digunakan sebagai proses terus-menerus dalam menangani masalah atau kesempatan selain untuk menetapkan rencana tahunan
About these ads

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: